Halaman

Perbedaan Antara Wirausaha Dengan Wiraswasta

Istilah 'wiraswasta' masih di definisikan menurut paham neoklasik, dimana seorang wiraswasta berarti:
  • Orang yang berani bersikap,berpikir,bertindak menurut kemampuan dan keberanian untuk menciptakan pekerjaan sendiri,mencari nafkah sendiri dan berkarier dengan sikap mandiri.
  • Orang yang memiliki dorongan untuk menciptakan sesuatu yang lain,dengan menggunakan waktu dan kegiatan,disertai modal dan resiko,serta menerima balas jasa dan kepuasan pribadi atas usahanya tersebut.
Lalu,pada ekonomi modern muncul lagi istilah ''wirausaha''.Maka, seseorang di kategorikan sebagai wirausaha apabila :
  • Menciptakan kreasi dan inovasi
  • memiliki visi jangka panjang
  • menguasai keahlian produksi,pemasaran,pemodalan, dan atau pengawasan
Dengan mencermati fase dan perkembangannya serta penggunaannya.Perbedaan antara wirausahawan dengan wiraswastawan dapat di kenali dengan beberapa cara sebagai berikut:
  1. Fokus Usaha =>> Jika di lihat dari mental dan kemandirian seorang wirausaha dengan wirasawasta memang serupa.Namun bedanya seorang wiraswastawan biasanya cuma sekedar PART-TIME, sedangkan wirausaha lebih menuntut keseluruhan waktu hidupnya. Contohnya seperti Seorang karyawan kantoran memiliki usaha laundry. Ini dikategorikan menjadi wiraswasta karna fokus usahanya bukan hanya laudry, dan juga dia menerima upah bulanan di kantor,jadi usaha laundry hanyalah part-time.Namun akan di kategorikan sebagai wirausaha apabila jika dia tidak lagi terikat kontrak dan mengelola usaha laundrynya secara full-time.
  2.  Kepemilikan Aset =>> Aset yang dimaksud di sini adalah mencakup kepemilikan modal uang dan peran dalam pengambilan keputusan operasional usaha. Pelaku usaha yang memiliki aset sendiri lebih di kategorikan sebagai wiraswastawan. Untuk Wirausaha lebih terlibat secara relatif dalam operasional saja.Bahkan dalam perkembangan ekonomi saat ini wriausaha untuk modal biasanya berbagi keputusan dengan pemilik modal lain.
  3. Rencana Inovasi dan Pengembangan =>> Jika lingkup bisnis mengacu pada jenis usaha lain,maka rencana inovasi dan pengembangan murni dilakukan untuk usaha yang sudah di jalankan.Sebagian besar wirausahawan telah memiliki pemahaman yang kuat untuk selalu memperbaharui pendekatan bisnis sesuai perkembangan teknologi terbaru. Karna itulah,hal ini agak berbeda dengan seorang swastawan yang biasanya relatif lebih tradisional dan cukup berpuas diri terhadap target jangka pendek.
Demikian lah pembahasan admin tentang ''Perbedaan Antara Wirausaha Dengan Wiraswasta''.
Semoga artikel ini dapat membantu teman-teman semua dalam merancang rencana dan menyiapkan kesuksesan bisnis kedepannya.
Sekian dan Terimakasih
Wasaalam 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar